Chat with us, powered by LiveChat

Tahukah Anda, Apa Bandara Internasional Pertama di Indonesia?

Tahukah Anda apa bandar udara (bandara) internasional pertama di Indonesia? Jawabannya ialah Bandara Kemayoran, Jakarta.

Dikutip dari laman instagram Angkasa Pura I, Bandar Udara Kemayoran merupakan bandar udara pertama di Indonesia yang dibuka untuk penerbangan internasional.

Bandara ini dibangun pada zaman Hindia Belanda tahun 1934. “Kala itu Bandara Kemayoran difungsikan sebagai pertahanan keamanan oleh Pemerintah Belanda,” tulis AP I.

Pada tanggal 20 Februari 1964, Angkasa Pura Airports resmi mengelola secara penuh aset dan operasional Bandara Internasional Kemayoran, Jakarta.

Sebagai informasi juga, Angkasa Pura Airports adalah pelopor pengusahaan kebandarudaraan secara komersial di Indonesia sejak tahun 1962.

Semua bermula dari keinginan Presiden RI Soekarno yang baru kembali dari Amerika Serikat. “Saat itu, beliau menegaskan keinginannya agar lapangan terbang di Indonesia dapat setara dengan milik negara maju.”

Terhitung sejak 20 Februari 1964, Angkasa Pura Airports yang masih bernama PN Angkasa Pura Kemayoran, resmi mengambil alih secara penuh aset dan operasional Pelabuhan Udara Kemayoran Jakarta dari Pemerintah RI.

Hingga akhirnya tepat pada 31 Maret 1985, Bandara Kemayoran resmi berhenti beroperasi.

Kemayoran Airport pernah menjadi salah satu lokasi penting dalam penggalan cerita komik berseri karangan orang Belgia, Georges Remi atau Herge, yaitu ‘the adventure of Tintin’.

Dalam seri Flight 714 (vol 714 pour sydney), diceritakan dalam perjalanannya dari Eropa menuju Sydney, wartawan pemberani Tintin bersama Kapten Haddock, Profesor Calculus, dan anjing kesayangannya snowy, pernah mendarat di Bandara Kemayoran untuk mengisi bahan bakar. Selama di Jakarta, Tintin bertemu dengan teman lamanya bernama Piotr Skut dan terlibat petualangan luar biasa di wilayah yang dalam komik disebut Sondonesia.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *